Di artikel kali ini saya ingin membahas Meja makan bayi. Meja makan bayi memiliki banyak sekali bentuk dan manfaat antara lain adalah dapat membuat bayi dan bunda merasa aman saat makan (atau juga bermain dan melakukan aktivitas lainnya), mengajarkan cara makan yang baik dan benar dan memudahkan bunda dalam membersihkan tempat makan bayi.

Meja Makan Bayi

meja makan bayi
id.aliexpress.com

Meja  makan bayi perlu dimiliki oleh orang tua sekalian terutama jika kalian sekeluarga sudah terbiasa makan bersama di meja makan.

Bayi yang menggunakan meja  makan akan merasa lebih diperhatikan dan akan semakin bersemangat dalam makan, berjumpa keluarga lain dan dapat melihat banyak contoh baik dari orang lain saat makan bersama.

7 Kiat memilih Meja makan Untuk bayi yang baik dan tepat

meja untuk bayi
id.aliexpress.com

Adapun kiat memilih meja makan yang baik untuk bayi adalah sebagai berkikut :

1. Bahan utama meja  makan

Bahan utama yang digunakan pada merk dan jenis meja makan beraneka ragam, ada yang kayu, ada juga yang menggunakan fiber.

Bahan kayu biasanya lebih berat dari bahan fiber tapi lebih kokoh (bisa dianggap lebih aman) sedangkan bahan fiber lebih ringan sehingga mudah dipindahkan atau ketika bongkar pasang untuk disimpan dan mudah juga untuk dibersihkan.

2. Pilih meja makan bayi yang multifungsi

Pilih meja  makan bayi yang dapat digunakan untuk jangka waktupanjang. Biasanya, meja makan mulai dipakai ketika bayi berusia 6 bulan atau ketika bayi sudah bisa duduk.

Jika memungkinkan, bunda  bisa memilih meja  makan yang fungsinya tidak hanya untuk meja  makan saja, namun bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti ayunan. Bahkan ada meja  makan yang dapat dibongkar pasang menjadi meja  belajar anak hingga ia berusia 5 tahun.

3. Perhatikan keamanan dan kenyamanan bayi

Biar bagaimanup juga Keamanan dan kenyamanan bayi adalah yang terpenting, hendaknya menjadi perhatian utama dalam memilih meja  makan bayi.

Utamakan meja makan bayi yang memiliki sabuk pengaman, sehingga bayi aman ketika makan dan duduk di atasnya.

Hal lain yang wajib ada pijakan kaki di meja  makan, sehingga membuat bayi lebih nyaman saat duduk.

Bila meja  makan menggunakan roda, utamakan yang terdapat fungsi rem (penahan roda) ketika berada pada posisi berhenti.

4. Pilih yang mudah dipindahkan

Bayi yang masih kecil kadang mudah rewel dan mudah bosan. untuk menghindari rasa bosan pada bayi, meja makan disarankan mudah dipindahkan.

meja makan bayi yang beroda merupakan pilihan yang cocok karena dengan mudah bisa dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

5. Pastikan meja  makan lolos uji mutu dan menggunakan bahan yang aman

Untuk menjamin keamanan dan keselamatan bayi, pastikan produk meja makan yang digunakan aman untuk bayi.

Oleh sebab itu, pastikan meja  makan tersebut sudah lolos uji badan atau lembaga yang berwenang, misalnya Badan Standarisasi Nasional yang akan mengeluarkan label bertuliskan Standar Nasional Indonesia (SNI).

6. Perhatikan model dan ketersediaan ruangan

Pilihlah model meja  yang sesuai dengan ketersediaan ruangan. Bila ruangan di rumah bunda  sempit, pilih yang praktis dengan desain yang sederhana.

7. Pilih yang dapat dibongkar pasang sesuai dengan pertumbuhan anak

Meja makan bayi tertentu dapat dibongkar pasang sesuai dengan pertumbuhan anak.

Ini tentunya akan dapat lebih menghemat biaya pengeluaran anda. Biasanya dapat dimanfaatkan hingga anak berusia 5 tahun.

Hanya saja perhatikan sambungan antara satu bagian dengan bagian yang lain. Pastikan antar sambungan tersebut terkunci dengan rapat dan baik sehingga aman bagi si bayi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *