Mainan Bayi 7 Bulan – Dengan bertambahnya usia, kebutuhan gizi dan stimulasi pada bayi juga harus semakin bertambah. Kemampuan bayi untuk mulai merangkak rentang usia 7-9 bulan semakin meningkat. Bahkan bayi bertambah aktif dan membutuhkan ruang lebih untuk terus menjajal kemampuannya.

Hal yang perlu bunda ingat bahwa ketika usia 7-9 bulan harus menjaga bayi dari bahaya yang mengintai semisal peralatan rumah tangga, benda benda tajam, mainan yang terlalu kecil dan beraneka barangan dengan berbahan logam berbahaya. Karena pada umumnya bayi rentang usia 7 bulan sampai 9 bulan sedang memasuki fase mengambil, memasukan dan membuang apa saja ke dalam mulutnya.

mainan bayi 7 bulan

Perkembangan motorik kasar

Menginjak usia bayi 7 bulan kemampuan bayi akan semakin berkembang. Kemampuan untuk merangkak dan bergeraknya semakin aktif. Jika bayi melawati / tanpa melalui fase merangkak orang tua tak perlu khawatir, karena di usia ini bayi dapat pula langsung masuk tahapan berdiri dan berjalan.

Perkembangan motorik halus

Motorik halus pada bayi di awal usia 7 bulan yakni, bayibunda mulai senang memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya. Pada usia ini perkembangan motorik halus ditandai dengan menguatkan otot dan jemari, sehingga diperlukan kemampuan untuk berlatih dan membiarkannya bertepuk tangan sebagai salah satu cara yang mengasyikkan.

Mainan Bayu Usia 7 Bulan

Setelah melihat perkembangan bayi seperti demikian maka sebaiknya bunda harus memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia bayi, stimulasi yang diberikan bisa berupa mainan yang beraneka jenis. Berikut ini adalah mainan bayi yang dapat mendukung nya pada usia 7 bulan :

mainan bayi usia 7 bulan

1# Soft Teether atau Rattle

Umumnya mainan bayi yang seperti ini aman untuk digunakan. Bahan terbuat dari plastik, kain atau juga bahan karet yang lembut. Sangat bagus untuk menstimulasi keluarnya gigi susu si kecil. Umumnya mainan seperti ini selain lembut dan aman, juga akan berbunyi ketika diguncang-guncangkan.

2# Mainan lampu

Mainan lampu bayi bisa berupa senter warna warni, ataupun mainan semisal yang bisa memancarkan cahaya berwarna-warni. Cobalah bunda mainkan mainan tersebut ke segala arah, lihatlah pada mata si kecil mengikuti gerak sinar tersebut. Permainan ini sangat bagus untuk mengenalkan beraneka ragam warna, selain itu juga untuk melatih kemampuan visual si bayi.

3# Boneka tangan

Bayi akan sangat senang mengamati mainan boneka. Itulah mengapa boneka tangan menjadi menjadi mainan bayi 7 bulan. Pilihlah boneka tangan yang sekiranya disukai si kecil. Bayak permainan dapat dilakukan dengan boneka tanga. Misalnya saja petak umpet.

Sembunyikan boneka tangan di tempat tersembunyi, mudahnya taruh di belakang punggung atau di balik bantal. Setelahnya keluarkan boneka tangan ketika si kecil mencarinya. Sembunyikan di tempat lain juga. begitu seterusnya. bunda juga bisa berkomunikasi dengan si kecil dengan boneka tersebut. Permainan seperti ini tidak saja mampu mengasah kognisi si kecil tetapi juga dapat menstimulasi kecakapan berbahasanya.

4# Mainan Pencet

Lebih jelasnya mainan yang akan berbunyi ketika dipencet. Bahan umumnya terbuat dari kain, karet atau lebih banyak plastik. Jenisnya pun beragam. Cocok untuk dijadikan teman bermain si kecil ketika sedang mandi atau bermain di tempat tidurnya. Supaya bayi semakin pintar dan lihai dengan keterampilan motoriknya.

Jangan lupa coba untuk memindahkan mainan tersebut dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Hal ini difungsikan untuk menguatkan sirkuit neural dalam otak si kecil. Selain untuk motorik juga untuk membantu melatih koordinasi kedua tangannya.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai mainan bayi 7 bulan yang bisa bunda pertimbangkan untuk melatih pertumbuhan syarat motorik anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *