Kelahiran bayi merupakan sebuah moment yang dinanti-nantikan oleh keluarga rumah tangga. Apalagi kalau bayi yang dikandung adalah anak pertama, maka kelahirannya akan menjadi sebuah dambaan yang sangat dinantikan kelahirannya. Sudah menjadi kebiasaan dari orang tua untuk menyiapkan berbagai baju untuk bayi yang baru saja dilahirkan.

Saat mendekati waktu persalinan maka akan ada banyak yang perlu dipersiapkan baik untuk ibu maupun untuk sang buah hati agar saat persalinan ataupun sesudah persalinan berjalan dengan lancar.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk antara lain seperti mental ibu, pemberian nutrisi, dan beberapa pakaian agar ibu mudah bergerak seperti daster.

Selain itu, juga perlu juga mempersiapkan keperluan untuk bayi. Persiapan tersebut, antara lain seperti,perlengkapan tidur, perlengkapan mandi,  perlengkapan kesehatan serta pakaian bayi.

Pakain bayi merupakan persiapan utama yang harus dipersiapkan sebelum bayi lahir meliputi baju, celana, pakain dalam bayi dan lain sebagainya.

Baju untuk bayi

baju untuk bayi baru lahir
Abiummi.com

Di jaman modern ini ada banyak sekali macam baju bayi yang beredar mulai dari modelnya, warna, bahan dan harganya. Di artikel ini kita akan mengenal lebih tentang baju untuk bayi. seperti apakah? simak terus sampai selesai

Dalam memilih baju bayi kita sebagai orang tua tidak boleh hanya dengan kriteria bagus dan harganya mahal saja.

Karena bayi yang baru lahir kulitnya masih sensitif rawan sekali pada benda atau barang yang kurang dominan dengan kulitnya.

Maka dari itu dalam membeli baju untuk bayi perlu beberapa hal yang bisa kamu jadikan referensi ketika akan membeli baju untuk bayi.

7  Tips Memilih Baju untuk Bayi

model baju untuk bayi
kebaya.com

Adapun tips-tips dari kami yang dapat kamu jadikan referensi saat akan membeli pakain untuk bayi, seperti berikut :

Bayi memiliki pertumbuhan yang relatif cepat sehingga jika kamu ingin membeli baju untuk bayi maka, belilah baju yang ukurannya lebih besar dari ukuran tubuh bayi.

Jika kamy membeli baju bayi dengan ukuran yang pas dengan ukuran tubuhnya  maka baju akan teraasa cepat ketat karena bayi memang pada beberapa bulan pertama pertumbuhannya relatif cepat.

2. Pilih bahan pakaian yang bisa menyerap keringat

Kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif dengan berbagai hal, termasuk terhadap pakaian yang dikenakannya.

Bahan baju bayi yang menyerap keringat akan lebih baik untuk bayi karena keringat bayi bisa terserap sehingga dapat mencegah terjadi iritasi pada kulit.

3. Modelnya sederhana dan simpel

Saat akan membeli pakain untuk bayi kamu juga perlu memperhatikan model pakaiannya.

Bukan memilih model yang bagus tetapi susah dipakai tetapi pilihlah model yang sederhana serta mudah untuk dipakaikan pada bayi.

Pilihlah pakaiana yang tidak ada kerahnya karena pakaian dengan model kerah dapat mengganggu gerak sang bayi sehingga bayi akan merasa kurang nyaman.

Untuk masalah warna kamu bisa menentukan sesuai seleramu atau dari kelamin (laki-laki/ perempuan) sehingga kamu bisa memilih warna apa yang cocok untuk sang bayi tersebut.

4. Pilih baju yang hangat dan melindungi kulit bayi

Bayi ketika baru lahir aktifitas terbanyaknya berada di tempat tidur, maka dari itu pilihlah baju bayi yang hangat dan melindungi bayi ketika sedang tidur.

Baju hangat akan membuat bayi nyaman ketika tidur. Pilihlah Baju yang hangat dab lembut karena kulit bayi masih sensitif sehingga jangan memilih baju bayi dengan bahan yang kasar.

5. Pakaian yang mudah dibuka atau dilepas

Ketika masih kecil bayi sering buang air, baik air kecil maupun air besar sehingga aktifitas memakai pakain juga sering, maka pilihlah pakaian yang mudah dipakai serta mudah juga untuk dilepas.

6. Pilih bahan katun atau wol untuk pakaian tidur bayi

Pilihlah baju bayi dengan bahan katun atau wol sehingga bayi merasa hangat dan bisa bernapas dengan baik. Sebisa mungkin hindari memilih baju dengan bahan dasar serat tinggi karena bisa membuat bayi kesulitan dalam bernapas ketika tidur.

7. Pilih baju yang tidak terlau tebal

Untuk baju sehari-hari ketika siang hari maka pilihlah baju dengan bahan yang agak tipis. Pada siang hari seringnya udara panas sehingga jika bayi dipakaikan baju tebal maka akan sering rewel karena merasa panas. Baju yang tidak terlalu tebal juga akan cepat kering saat dicuci sehingga akan lebih memudahkan dalam mencuci.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *