Hadirnya buah hati merupakan kado terindah dalam hidup bagi seluruh orang tua di dunia. Apapun mungkin akan dilakukan untuk mengungkapkan rasa kasih sayang kepada anak misalnya dengan membuatkan baju balita dan perlengkapan lainnya.

Baju Balita

Baju Balita
teropongumsu.com

Berbicara mengenai baju balita, anak laki-laki modelnya tidak sebanyak anak perempuan. Nah kita mungkin akan merasa bosan sebab jenis bahan dan model yang tidak sesuai dengan keinginan.

Untuk mengakalinya kita bisa membuat baju balita sendiri dengan bahan dan model terserah yang kita mau. Bahan kain katun Jepang bisa menjadi pilihan sebab teksturnya lembut dan bisa membuat anak nyaman.

Menjahit Baju Balita Sendiri

Diperlukan skill khusus ketika ingin menjahit baju balita yang cocok dipakai. Bagi bunda yang belum terlalu mahir dalam menjahit tidak usah khawatir, kita bisa belajar melalui kursus atau belajar otodidak melalui youtube atau media lainnya.

Jika sudah bisa membuat sendiri, sudah pasti bisa mengurangi uang belanjaan bunda. Selain itu kita juga bisa berkreasi dengan berbagai macam model yang bisa kita lihat di majalah atau google.

Ada sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri jika sudah bisa membuat baju balita sendiri. Dan yang paling penting jika bakat menjahit ini dikembangkan tentu akan menghasilkan uang saku tambahan.

Step Membuat Baju Balita

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukur. Bunda juga bisa menjiplak ukuran baju yang sudah ada. untuk mempermudah proses jahit, kita harus membuat pola yang akan dipotong terlebih dahulu.

Jika pola sudah selesai, aplikasikan pada kain. Pola ini terbagi dari pola kerah, pola dress atas dan pola dress bawah.

Teknik Memotong Kerah

Tumpuk 2 helai kain yang saling berhadapan bagian sisi yang bagusnya. Simpan pola kerah di bagian atasnya lalu gambarlah bentuk kerah pada kain dengan memakai pensil kapur. Sisakan jarak sekitar 1 cm untuk kampuh jahitan, kemudian potong berdasarkan pola.

Teknik Memotong Atasan Depan dan Belakang

Rentangkan kain, timpa dengan pola di atasnya. Gambar pola baju pada kain dengan memberikan jarak 1 cm untuk kampuh. Potong berdasarkan pola. Hal yang sama juga berlaku untuk atasan belakang namun ada sedikit perbedaan pada kerung leher serta kerung lengan.

Teknik Memotong Rok

Di sini jenis rok yang dibuat adalah pola rok depan dan belakang sehingga ada sambungan pada kedua belah samping dan belakang sebagaimana kebanyakan rok pada umumnya. Untuk rok bagian depan, bentangkan kain dan lipat menjadi 2 bagian. Letakan pola pada sisi kain bukan lipatannya. Tambahkan 10 cm untuk kerutan. Bagian belakang pun dibuat kerutan  10 cm.

Cara Menjahit Baju Balita

Baju Balita Lucu
myutary.blogspot.com

Langkah pertama adalah menggabungkan baju bagian belakang dan depan. Jahit bagian bawah lengan serta bahu lalu diobras. Kemudian buat kerutan pada bagian rok depan dan belakang menggunakan cara jahit panjang-panjang (benang diatur langkahnya panjang juga agak kendor).

Tarik benang kembali ke pengaturan normal lalu dijahit tindas. Apabia kerutan sudah dibuat, sambungkan rok depan dan belakang dengan dijahit obras.

Terakhir gabungkan rok dan atasan dengan cara diobras dengan tujuan supaya serat kain tidak terburai. Jahit bagian belakang diawali dari bawah dan berakhir di bagian yang diberi tanda untuk memasang resleting.

Pasang resleting, kerah baju yang telah dijahit dan lapisannya. Pada kerung bagian lengan bisa dipasang lapisan (pleseran) supaya terlihat rapi. Caranya yaitu potong kain agak lengkung mengikuti pola kerung lengan. Finishing, menjahit kelim (menjahit rok pada bagian yang paling bawah).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *